Laman

adsanse

Jumat, 08 April 2016

Menikah Berkat Abah Guru Sekumpul


Namanya Adi. Dia mualaf keturunan china,pada waktu itu sudah 3 tahun jadi Mualaf.walaupun baru 3 tahun sholatnya tidak pernah bolong bolong,selalu di jaga dan hapalan surah nya pun makin di tambah nya. Adi ini keluarga dari suami sepupu ulun. Suami sepupu ulun juga Mualaf keturunan cina,dari suami nya ini lah banyak dari keluarganya memeluk Islam.

Pernah waktu Adi ini kerumah sepupu ulun,dia lihat gambar Abah guru sekumpul yang besar di ruang tamu. Dia tanya siapa orang yang ada di gambar ini. Sepupu ulun menjawab,Dia Abah guru sekumpul seorang waliyulallah. Adi ini tanya lagi,apa itu waliyulallah. Sepupu ulun menjelaskn Waliyullah itu org yg sangat dekat kepada Allah dan 
Rasulallah,segala doa nya makbul dan orang yang sangat pemurah,sangat penyayang,serta sifat dan perbuatan nya mengikut Rasulallah SAW. Lalu kata sepupu ulun,Adi ini memandang gambar Abah guru agak lama,kemudian di cium nya pipi Abah guru sambil berucap,Ulun cinta dengan waliyulallah ini.

Adi ini menyintai seorang gadis banjar,mereka telah berhubungan selama 2 bulan,dan Adi ingin melamar nya kerana kata dia dalam islam tidak ada yang namanya pacaran. Dia minta sepupu ulun dan keluarganya yang lain untuk melamar gadis itu. Dan lamaranpun berjalan lancar,orang tua gadis setuju anaknya nikah dengan Adi,kerena memang dia liat bagaimana santun nya Adi meski keturunan china. 

Dan saat pemberian mahar ini lah terjadi hal yang tidak di inginkan. Dimana dari pihak keluarga orang tua gadis ada yang menghasut orang tuanya agar jangan menikahkan anaknya dengan seorang Muallaf dan orang  keturunan.Karena kata keluarga nya,nanti Adi akan balik lagi pada agama nya dan anak nya akan di paksa ikut agamanya yang dulu atau murtad. Dan hasutan dari keluarga nya ini membuat orang tua gadis itu ingin membatalkan acara nikah nya,tapi kerena sudah lamaran maka untuk membatalkan itu di minta mahar yg mahal.Orang tuanya meminta maharnya Rp 35 juta. Dan Adi bukanlah orang kaya,hidupnya sederhana dan uang Rp 35 juta itu sngat lah banyak.

Maka di sanggupilah,dan Adi coba mengumpulkan uang tabungannya terkumpul Rp 25 juta, kurang 10 juta. Lalu seluruh keluarga Adi termasuk sepupu ulun pun mengumpulkan sumbangan utk mahar,maka terkumpul Rp 5 juta,kurang Rp 5 juta lagi, Pihak org tua gadis ini memberi jangka 2 minggu agar uang itu terpenuhi.Adi bingung kemana lagi mencari pinjaman,kerena habis sudah semua uang nya,dan pihak keluarga sudah mengumpulkan tapi tetap kurang. Satu satu nya Adi harus ketemu paman nya yg di Martapura untuk minta pinjaman.

Maka berangkat Adi kesana,tp sampai disana paman nya tidak mau kasih pinjaman kerena kecewa Adi pindah keyakinan. Adi  makin bingung dan putus asa,dalam keadaan putus asa Adi balik ke banjarmasin dan tepat di depan gerbang Makam Abah Guru,motor nya mogok kerena habis bensin.

Waktu Adi mau cari bensin,Azan Sholat Zuhur berkumandang di Musholla Ar Raudah. Adi selalu menjaga sholat nya sehingga dia pun mencari asal suara Azan itu,dan masuk Adi ke dalam Gerbang komplek Arraudah dan Makam Abah guru sekumpul menuju Musholla Ar Raudah.

Adi sholat disana. Sehabis sholat,Adi heran banyak orang ke Kubah Abah Guru sekumpul.Adi tanya sama orang disitu,Makam siapa itu. Orang disitu menjelaskan itu Makam Abah Guru sekumpul. Adi lalu ingat ucapan sepupu nya itu tentang Abah guru sekumpul seorang waliyullah. Kata Adi..ini makam orang yang gambarnya ada di rumah sepupu nya itu
.
Adipun masuk kedalam,memang ada org yang melihat Adi heran kerena memang Adi orang keturunan cina masuk ke makam Abah guru.Adi ngambil yasin,lalu duduk di pojok. Sambil baca yasin pelan,air mata Adi mengalir kerena tidak tahu bagaimana mengatasi masalah yang di hadapi nya. Setelah baca yasin,Adi menunduk. Entah kenapa Adi mengadukan semua masalah nya kepada Abah Guru. Dalam hati Adi mengungkapkan semua yg di hadapi kepad Abah Guru,salah satu yang Adi bilang,kenapa Abah,ulun sulit buat nikah hanya karena ulun keturunan china kemana lagi ulun mencari duit nya Abah. Sambil menangis 

Adi mengadukan masalahnya seperti seorang anak mengadu kepada orang tuanya yaitu mengadu kepada Abah guru. Dan selesai mengadu serta menangis,Adi merasa beban nya sedikit terangkat kerena unek unek di hati nya sudah di keluarkan.

Selesai.ziarah,Adi bergegas mau balik ke banjarmasin. Dia ngambil sendal.yang di letakan di tempat sendal,disitu juga ada petugas yg jaga sendal. Sebelum sempat ngambil sendal,Adi di hampiri 3 orang berpotongan orang Arab tinggi dengan pakaian gamis. Salah satu org ini menghampiri sambil menyerah kan sebuah amplop dan berkata. Ini buat ente terima lah.

Waktu itu kerena pikiran Adi lagi kacau dan dalam keadaan putus asa,Adi mengambil amplop itu tanpa sempat berkata kata. Dan setelah menyerahkn amplop itu,ke 3 orang itu menuju makam Abah guru sekumpul.Adi langsung ambil sendal dan berjalan menuju parkiran. Tapi Adi penasaran dgn amplop tadi kerena tadi dia sempat pikirannya kosong. Lalu diambil amplop tadi di lihat nya ada tertulis nama lengkap dia di amplop itu.

Waktu di buka Adi kaget kerena isi amplop itu uang dan lebih kaget lagi uang itu jumlah nya 5jt.
Adi pun gemetar langsng memasukan amplop itu ke dalam jaket nya dan bergegas ke makam lage untuk berterima kasih kepada 3 org tersebut. Adi mencari org itu di makam,krn baru 5 menit maka orang itu pasti masih di dalam makam.

Tapi waktu Adi lihat kesana kemari tidak ada orang itu. Dan Adi tanya kepada petugas disitu kerena waktu orang itu kasih amplop,petugas itu ada disitu.Adi tanya kemana 3 org yg menghampiri nya dan kasih amplop tadi,3 orang berperawakan tinggi,hidung mancung seperti orang arab. Petugas itu malah bingung dan berkata,dari tadi tidak ada penziarah seperti yang di sebutkn Adi.

Adi menceritakan apa yg dia alami kepada sepupu ulun,sambil memperlihatkan amplop yang ada nama lengkapnya di amplop itu. Maka Adi dan sepupu ulun pun ketempat org tua gadis itu smbl menyerah kan mahar 35jt dan menceritakan apa yg terjadi dengan Adi, Orang tua gadis itu menangis,sambil berkata. Aku orang yang ingin menggagalkn pernikahan ini,sedang Abah guru ingin kamu menikah dengan anak ku. Abah guru sayang dengan kamu walaw kamu tidak pernah bertemu dengan nya,sedang aku buruk sangka dengan kamu.

Maka orang tuanya hanya minta separo dari mahar nya,dan separonya untuk Adi dan keluarga mempersiapkn pernikahan nya.Kata sepupu ulun,sekarang setiap lihat gambar Abah guru,Adi akan mencium pipi Abah guru sambil baucap,ulun cinta pian Abah guru. Apabila ada yang tanya kenapa mencium Abah guru,maka Adi jawab. karena berkat Beliau aku bisa menikah.Sekarang Adi tinggal di surabaya dengan istrinya orang banjar
cerita sepupu ulun
 https://web.facebook.com/yusrie.aydrus/posts/1605662136423564


0 komentar:

Posting Komentar