Sabtu, 07 Mei 2016

Orang Kalimantan Wajib Tau ini Peninggalan Bersejarah Datu Kelampayan Syekh Muhammad Arsyad Albanjari


Jika kalian orang Banjar atau orang kalimantan sudah pasti tau siapa Datu kelampayan atau Syekh Muhammad Arsyad Albanjari, ya setiap orang kalimantan pastilah tau, bahkan beliau juga dikenal diluar kalimantan, jawa,sumatra dan seentero nusantara bahkan luar negri sperti negri jiran Malaysia singapura philipina dll serta negri Arab.

Beliau adalah salah seorang ulama banjar yang telah menjayakan islam di tanah banjar dan sekitarnya
ulama yang kharismatik dan yang penuh dengan wibawa. jika kalian ingin mengetahui pilosofi atau Menaqib Syekh Muhammad Arsyad Albanjari klik disini Syekh Muhammad Arsyad Albanjari ( Datu Kelampayan ).

Baiklah disini saya akan menulis artikel tentang peninggalan baranng bersejarah milik datu kelampayan baik dipakai setiap hari maupun dipakai sewaktu2. artikel ini saya buat hanya semata2 untuk mengambil berkat dan Tabarruk kepada beliau agar generasi yang muda ini bisa mengingat akan kehidupan beliau dimasa lalu.
baiklah kita Mulai saja dengan dibawah ini...

1. Alquran, yang di tulis dengan tangan beliau sendiri.


2. Kitab "Hidayatur Rasyidin"
    Kitab tauhid yg di karang dan di Tulis Langsung Oleh datuk kalampayan ketika di mekkah.


3.kitab sabilal Muhtadin
kitab Sabilal Muhtadin inilah kitab beliau yang paling masyhur,kemasyhuran kitab ini menjadi khasanah di beberapa perpustakaan besar yaitu di Mekkah,Mesir,Turki,dan Beirut.kitab ini amat pepoler di seluruh nusantara yang merangkumi  Indonesia,Malaysia,Singapura,Thailand,kamboja dan brunai darussalam.kitab ini merupakan kitab fiqih melayu tersebar luas diseluruh alam melayu,terdapat didalam 2 jili.jilid pertama mempunyai 252 halaman dan jilid kedua 272 halaman.perbincangan dalam kitab ini meliputi dalam persoalan ibadah yang menyentuh thaharah,sholat,puasa,zakat,haji,akikah,korban,dll.


4. Tasbih Datu Kelampayan.
    tasbih ini di perkirakan berumur ratusan tahun kurang lebih 256 tahun.


5. Baju Rumpi 
baju Rumpi atau baju rajahan ini adalah baju pelindung diri yang dipakai oleh beliau sebagai pelindung diri dari segala macam serangan, konon jika memakai baju rumpi dalam masyarakat banjar, senjata tajam atau peluru tembakan tidak dapat menembus badan pemakainya.


6, Keris Atau belati
 salah satu senjata yang pernah di gunakan Datu kelampayan 


7. Mandau kesultanan banjar.
Mandau ini mempunyai 72 pasak amas,Yg di berikan kepada datuk kalampayan.
Dan sekarang Mandau ini di rawat oleh seorang Juriat Datu Kelampayan di kota Palangkaraya.


8. Arit Yang sering digunakan oleh Datu Kelampayan.


9. Kopiah dan Surban Datu Kelampayan.


10. Baju yang di pakai Datu Kelampayan


11. Tongkat Datu Kelampayan,


13. Piring Datu Kelampayan.
Ini adalah piring makan maulana muhammad arsyad albanjari. Konon ini piring langsung di datangkan langsung dari china. Kebetulan istri maulana ada yg bersuku china, yaitu tuan Goat, atau Hwu Gowat Neon Ralat nama yang benar dari istri Datu Kelampayan adalah Go Hwat Nio .


12. Cermin Datu Kelampayan.


13. Ranjang kelambu Datu Kelampayan.


14. Tempat Penginangan Datu Kelampayan.


sampai disini yang bisa saya informasikan tentang barang berharga peninggalan bersejarah dari datu kita Syekh Muhammad Arsyad Albanjari . semoga menambah kecintaan kita Terhadap Waliyullah dan para Alim Ulama khususnya  Datu Kita Semua Syekh Muhammad Arsyad Albanjari.
Sumber foto Sebagian di ambil di page Muhibbin Bani Arsyadi Al-Banjari


Artikel Terkait

5 komentar:

  1. Sedikit koreksi: isteri beliau yang bersuku tionghoa bernama Go Hwat Nio (bukan Hwu Guat Neon) yang dalam dialek Banjar menjadi Guat, sehingga dipanggil Datu Guat.
    Kami sedikit tahu hal ini karena kami zuriat Datu Kelampayan dari jalur Datu Guat. :)

    Terima kasih kepada penulis yang sudah menulis artikel ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. suatu kehormatan bagi kami telah dikomentari oleh salah satu juriat Datu kelampayan,dan terimakasih banyak atas koreksinya maafkan atas ketidaktahuan kami atas nama Asli dari isteri Datu kelampayan yang sebenarnya,insyaallah kami akan meralat dan memperbaiki nama beliau tersebut.. Terimakasih kembali ^_^

      Hapus
    2. Alhamdulillah saya yg jelek ini insya Allah juga juriyat dari datuk...sekarang aku tinggal di jawa timur tepatnya di blitar...kami masih menyimpan foto lukisan kakek buyut kami..yg merantau ke blitar

      Hapus
  2. Assalamualaikun wrb pemilik artikel yang terhormat terimakasih telah memberikan informasi tentang datuk arsyad albanjari tapi boleh tidak saya ingin lebih tahu tentang silsilah datuk arsyad berserta keturuannya dari ny gwat terimakasih seblumnya wassalamualaikum wrb

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum.Admin ulun Izin save foto peninggalan datu kelampayan

    BalasHapus

Arsip Blog