Selasa, 21 Maret 2017

Doa Keluar Rumah Dan Manfaatnya



Berdoa dan berserah diri kepada Allah merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan oleh Umat Islam untuk bisa mendapatkan ridha dari Allah SWT. Hal ini seperti apa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW kepada para Sahabatnya di dalam sebuah hadits, yang artinya : “Andaikan kalian bertawakal pada Allah dengan sebenar – benarnya tawakal, niscaya Allah akan memberikan rejeki pada kalian, sebagaimana Dia memberikan rezeki pada burung yang pergi pada pagi hari dalam keadaan perut yang kosong dan sore hari dalam keadaan perut yang kenyang.’ (HR. Tirmizi).

Dalam agama Islam, setiap aktivitas perbuatan harus diawali dengan membaca doa terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar setiap pekerjaan yang dilakukan akan mendapatkan ridha dari Allah sehingga bisa mendatangkan rezeki yang baik bagi orang yang melakukannya.

Lafadz Doa Keluar Rumah dan Keuntungan Orang yang Membacanya
Doa Keluar Rumah

Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam setiap aktivitas, umat Islam dihimbau untuk membaca doa terlebih dahulu. Aktivitas keluar dari rumah misalnya, ketika hendak melangkahkan kaki keluar dari rumah, umat Islam dihimbau untuk membaca lafadz doa berikut ini : “Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi laa haula walaa quwwata illaa billaah.” dalam bahasa arab

"بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه"

Dalil yang menjelaskan himbauan untuk membaca lafadz doa di atas yaitu : “Barang siapa yang ketika keluar dari rumahnya melafadzkan,

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه,

maka kepada orang itu dikatakan, engkau telah diberi petunjuk, engkau dicukupi keperluanmu, juga diberi penjagaan. Maka setan pun akan menyingkir dari orang tersebut.” (HR. Abu Dawud dan Tirmizi).
Keuntungan Membaca Lafadz Doa Keluar Rumah

Jika menilik dari hadits di atas, maka orang yang membaca doa keluar rumah akan mendapatkan beberapa keuntungan yaitu :

Diberi Petunjuk oleh Allah SWT
Keuntungan pertama yang akan didapatkan oleh orang yang membaca doa keluar rumah adalah ia akan diberi petunjuk oleh Allah SWT. Seperti yang kita ketahui bersama, manusia membutuhkan petunjuk dari Allah, agar setiap perbuatan yang ia lakukan tidak menyimpang dari perintah dan ajaran Allah SWT. Dan ketika kita membaca doa keluar rumah, maka Allah menjamin petunjuk dari-Nya kepada kita dari mulai kita melangkah keluar rumah hingga kita melangkah kembali ke dalam rumah.

Dicukupi Semua Kebutuhannya oleh Allah SWT
Keuntungan ke dua yang akan didapatkan oleh orang yang membaca doa keluar rumah adalah ia akan dicukupi semua kebutuhan hidupnya oleh Allah SWT. Ketika seseorang membaca doa keluar rumah, berarti ia telah mentawakalkan aktivitas keluar rumahnya kepada Allah SWT. Dan seperti yang telah dijelaskan di atas, siapapun yang bertawakal kepada Allah dengan sebenar – benarnya tawakal, maka Allah akan memenuhi semua kebutuhannya.

Diberi Penjaga atau pun Perlindungan Ketika Sedang di Luar Rumah
Keuntungan ke tiga yang akan didapatkan oleh orang yang membaca doa keluar rumah adalah ia akan mendapatkan penjagaan dan juga perlindungan selama ia berada di luar rumahnya. Seperti yang kita ketahui bersama, ketika kita keluar dari rumah, ada banyak sekali kemungkinan – kemungkinan yang terjadi. Nah, ketika kita membaca doa keluar rumah, maka Allah akan menghindarkan kita dari berbagai macam kemungkinan buruk yang mungkin terjadi. Tidak hanya itu, dalam hadits di atas, diterangkan pula jika orang yang membaca doa keluar rumah akan dihindarkan dari berbagai macam perbuatan buruk Setan yang terkutuk.

Itulah lafadz doa keluar rumah dan beberapa keuntungan orang yang membacanya. Semoga setelah mengetahui informasi ini kita tidak lagi malas membaca doa ketika akan keluar dari rumah, sehingga kita bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan seperti yang telah dijelaskan di atas. Aamiin ya rabbal alaamiin..


Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar