Laman

adsanse

Selasa, 23 Januari 2018

Ahklak Abah Guru Sekumpul Yang Di Ceritakan Oleh Guru Zuhdi



Catatan Menuju Haul Syaikhona Abah Guru Sekumpul.

Berkata Abah Haji Guru Zuhdi...
Kita semua berakhlak karena guru yg memberi bimbingan,tanpa guru yg mencontohkan mana mungkin kita bisa berakhlak.
Mula mula Abah Guru sekumpul bebacaan di keraton dan menyiarkan lwt radio dan saat itu ada yg merasa terganggu krn frekuensi mengganggu jalur orari sehingga Abah Guru berhenti menyiarkan lwt radio.
Mendengar Guru Ibad(Guru Badarudin) pengajian tdk di siarkan lg di radio,beliau marah karena kata Guru Ibad,beliau tdk bisa hadir di majelis itu shg mendengar lwt radio sambil membuka Kitab shg beliau msh tetap belajar dgn Abah Guru.
Guru Ibad meminta Abah guru melanjutkan menyiarkan lwt radio akan tetapi akhalk Abah Guru yg sk mengalah tdk mau lg menyiarkan nya.

Saat masa mudanya banyak yg iri dgn Abah Guru Sekumpul sampai beliau di keroyok dan di pukuli oleh beberapa org. Abah guru menangkis dgn tangan org yg menyerang dgn senjata tajam,akan tetapi orang yg memukul dgn tangan kosong di biarkan Abah Guru(di sandang) mengenai tangan dan badan beliau.
Beliau pulang kerumah dlm keadaan bengkak badan,tangan dan beliau diam tnp mengadu kpd keluarga .
Karena orang tua beliau pernah berkata apabila memberitahu(mengeluh) kpd makhluk mk kafir lah engkau. Dan nasehat ini di jalankan Abah Guru dgn tdk pernah mengadu kpd makhluk.
Nenek melihat badan Abah Guru bengkak lalu di kasi minyak urut dan bau minyak urut sampai tercium oleh Ayah dr Abah Guru tp Ayah dr Abah guru hnya diam krn ingin mendidik anak agar tdk mengadu kpd makhluk.
Akhlak Abah guru diam(beranai)



Saat Maulid memakai terbang ada yg tdk suka sehingga Abah Guru mengalah dgn Maulitan hanya memakai terbang saat Asrokal. Walau begitu beliau sekali menyampaikan dalil beterbang yaitu kata beliau
1.Kitab yg di jadikan Dalil karangan Sech Ahmad Zaini Dahlan Mufti Mekah wali qutub. Sech Ahmad Zaini Dahlan berkata memukul terbang saat acara qosidah hukum nya Sunat.
Dan walau ada Dalil nya tetap Abah Guru mengalah tdk lg memakai terbang,itu lah Akhlak mengalah Abah Guru.

Aku(Abah Guru Zuhdi) saat bertamu Abah Guru Sekumpul.
Kata Abah Guru sekumpul,Aku saat mau ke toilet di depan pintu toilet ada yg mendorong aku dgn sangat keras nya sambil Abah Guru menunjukan tempat nya kpd Abah Guru Zuhdi. Dan Aku(Abah Guru Sekumpul) jatuh hampir kepala ku mengenai toilet nya. Dan Abah Guru tahu siapa yg mendorong yaitu Jin,dan untung nya Datu Bedok(jin) datang yg memegang dan menahan kepala Abah Guru shg kepala Abah Guru tdk sampai kena pinggir toilet . Dan kata Datu Bedok apakah mau di hajar yg mendorong Abah Guru td. Datu Bedok adalah jin murid nya dr Datu Kelampayan yg berjanji akan menjaga juriat Datu kelampayan. Lalu apa yg di ucapkan Abah Guru kpd Datu Bedok. Abah Guru berkata tdk usah di hajar. Padahal jika tdk di tahan Datu Bedok mk kepala Abah Guru akan pecah kena pinggir toilet itu. Dan Abah Guru tdk membalas malah memaafkan.

Dan saat di tanya kepada Abah Guru .. kemana pian sampai basah gamis lalu di jawab Abah Guru Sekumpul aku td menolong org yg lg tenggelam di laut. Berkata Abah Haji tdk mungkin beliau berdusta mengatakan hal itu.

Berkata Abah Guru Zuhdi... kaya ini Akhlak Abah Guru Sekumpul tdk melawan susah mencari org dgn akhlak sprt ini,100 tahun belum tentu ada ganti nya org seperti ini.
Dan itu kisah perguruan dan kita pelan pelan mengikut sprt itu.

Guru ulun di kampung ulun, saat membaca kan Kitab Hidayatul Salikin di Musholla dan pada bab Adab adab, beliau sempat terdiam sambil air mata beliau menetes dan beliau berucap..
Kami yang lulusan Darussalam ne, jaka kd Abah guru sekumpul, kami kada tahu kaya apa Adab kami saat di majelis, kaya apa adab kami saat di masyarakat, kaya apa adab kami saat dgn org tua, kaya apa adab kami dgn guru guru kami, kaya apa adab kami dgn bini dan anak. Abah guru yg selalu mengajarkan dan mempraktekan nya langsung kata beliau.
Dari Abah Guru kami tahu harus bagaimana beradab, jaka kd Abah guru, kami pasti jadi sambatan urang krn kurangnya adab
Beliau pun berucap smbl air mata menetes, terima kasih Abah sudah mengajarkan kami bagaimana menjadi org yg punya adab dan akhlak.
Kami pun semua menitikan air mata di majelis itu.

Ampun maaf ulun puun

Sumber : Artikel Asli

0 komentar:

Posting Komentar