Sabtu, 13 April 2013

Perjuang Jerih Payah Abah Guru Sekumpul




Assalamu 'alaikum warohmatullaahi wa barokaatuh..
para muhibbin rohimakumullah.. kalau kita bicara karomah abah guru,sungguh teramat banyak,masyhur dan didengar dimana -mana tempat, memang beliau orang yang berhak dan pantas untuk mendapatkannya.

semua itu menunjukkan kemuliaan beliau dan anugerah juga bagi kita kaum muslimin, akan tetapi alangkah bagusnya kita juga perlu mengingat akan perjuangan beliau, mujahadah beliau, sejak  masa kecil sampai berpulang kerahmatullah.

kita coba mendengarkan cerita -cerita tentang perjuangan beliau yang begitu hebat, penuh tantangan, suka duka datang silih berganti, tak hanya memperoleh kemuliaan itu cuma dengan senyum tawa, namun dipandang dari sisi kemanusiaan beliau. ada juga mengalami sedih dan derita, meski hati beliau tak pernah mengeluh, tak pernah menolak takdir yang menimpa beliau, salah satu contoh, semasa sekolah cuma memiliki dua lembar baju, yang satu buat sekolah, yang satu nya buat dirumah.

Beliau makan gadabung pisang/bongkah dibawah pohon pisang yang tumbuh akarnya, beberapa lama,itu saja yang bisa dimakan, tak makan nasi seperti kita, tiga kali sehari.
rumah orang tua  bocor atapnya, apabila hujan lebat,terpaksa beliau sekeluarga mencari tempat teduh yang tak kena air hujan, kita juga pernah mendengar beliau di berhentikan mengajar dipondok darussalam, dibilang orang bahwa sidin itu sesat,. hingga waktu yang lama,dan beliau menyendiri tanpa banyak dukungan.
bayangkan dalam manakib beliau yang saya pernah dengar, beliau mengaji ke tuan guru dikampung melayu martapura, kadang kadang guru beliau tidak memberi pelajaran, lalu pulang beliau kerumah, sampai dirumah dimarahi orang tua di suruh balik lagi ketempat guru dan menunggu guru membuka kan pintu.. bayangin dech..

tapi dengan semangat yang luar biasa,dan kesungguhan yang tiada bisa diucapkan dengan kata, beliau berhasil memperoleh semua anugerah itu,. Abah Guru pernah mengaji ke kampung gadung rantau, apa kesana pakai mobil bagus, ada air condisioner nya biar dingin dipanas terik matahari, atau naik taksi yang langsung mengantar kekampung kerumah guru beliau,

mungkin saja beliau seharian penuh baru sampai waktu itu naik mobil kono,seperti truk besar tempoe duloe yang bisa mengangkut penumpang.. setelah itu jalan kaki beberapa kilometer masuk desa dengan jalan masih tanah atau batu kerikil terhampar sepanjang jalan menuju rumah guru..apakah sidin singgah dijalan membeli minuman yang dingin,? Wallaahu a'lam..!

Dan semua yang sidin lakukan tak lain hasilnya untuk ummat,pahala ibadah beliau untuk murid dan pecinta, tiap malam kata orang beliau menangis,meminta kan ampun atas dosa para murid dan pecinta semua..! Abah guru sudah berusaha yang terbaik buat kita, tinggal kita lagi.. apa yang bisa kita lakukan untuk menyenangkan beliau, mari kita coba merenungi nya.
mohon ampun maaf bila salah,tolong koreksi bila ada yg tidak benar..wassalam

sumber : Abi Hamid para pencinta Abah Guru Sekumpul
                http://www.facebook.com/groups/parapencinta.abahguru/


Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar