Senin, 13 Maret 2017

5 Ciri Wanita Yang Bisa Dijadikan Istri



Salah satu kunci kebahagiaan hidup dalam agama Islam adalah mengikuti seluruh panutan – panutan yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dalam kitab suci Al-Qur’an dan juga Al-Hadits. Ketika kita mengikuti setiap panutan yang ada dalam dua kitab tersebut, insyaAllah setiap hal yang kita usahakan akan menghasilkan sesuatu yang baik dan bermanfaat baik untuk diri kita maupun untuk orang – orang di sekitar kita.

Nah, berbicara mengenai mengikuti panutan yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, berikut merupakan beberapa kriteria wanita yang cocok untuk dijadikan pendamping hidup yang sesuai dengan Al-Qur’an dan juga Hadits nabi :

 5 Ciri Muslimah yang Cocok Dijadikan Pendamping Hidup Menurut Islam
5 Ciri Muslimah yang Cocok Dijadikan Pendamping Hidup

Penuh Cinta Kasih
Ciri pertama muslimah yang cocok untuk dijadikan pendamping hidup menurut Islam adalah muslimah yang penuh cinta dan kasih. Hal ini seperti apa yang ada dalam Al-Qur’an, dimana Allah berfirman, yang artinya : “Dan di antara tanda – tanda kekuasaannya, Dia ciptakan untuk kalian istri – istri dari jenis kalian sendiri, supaya kalian cenderung dan merasa tentram kepadanya. Dan Dia jadikan di antara kalian rasa kasih dan sayang.” (QS. Ar-ruum : 21).

Subur
Ciri ke dua wanita yang cocok untuk dijadikan pendamping hidup menurut Islam adalah wanita yang subur. Hal ini senada dengan apa yang ada di dalam sebuah hadits, dimana Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya : “Menikahlah dengan wanita – eanita yang penuh cinta dan yang banyak melahirkan keturunan. Karena sesungguhnya aku merasa bangga dengan banyaknya jumlah kalian pada hari kiamat kelak.”

Masih Gadis
Ciri ke tiga wanita yang cocok untuk dijadikan pendamping hidup menurut agama Islam adalah wanita yang masih gadis. Hal ini seperti apa yang disampaikan oleh Nabi Muhammad dalam sebuah riwayat, dimana dikisahkan jika Nabi Muhammad SAW pernah bertanya kepada Jabir R.A : “Apakah kamu menikahi gadir atau seorang janda?” Jabir R.A pun lantas menjawab pertanyaan Rasul tersebut : “Seorang janda wahai Rasul.” Mengapa kamu tidak menikahi seorang gadis yang kamu dapat bercumbu dengannya dan ia pun dapat mencumbuimu?”

Berasal dari Keturunan yang Jelas
Ciri ke empat wanita yang cocok untuk dijadikan pendamping hidup menurut agama Islam adalah wanita yang berasal dari keturunan yang jelas. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya : “Wanita itu dinikahi karena empat hal : karena hartanya, keturunannya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka Pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya kamu akan beruntung.” (HR. Bukhari Muslim)

Taat Beragama
Ciri ke lima wanita yang cocok untuk dijadikan sebagai instri menurut agama islam adalah wanita yang taat dalam beragama. Hal seperti apa yang telah diterangkan oleh hadits dalam poin nomer empat di atas. Tidak hanya itu, dalam Surah An-Nisa Ayat 34, Allah berfirman yang artinya : “Sebab itu, maka wanita – wanita yang shalih adalah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak berada di tempat. Oleh karena Allah telah memlihara mereka...”. (QS. An-Nisa : 34).



Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar