Senin, 13 Maret 2017

Obat Hati Yang Sedang Gundah



Siapa sih yang mau tubuhnya dipenuhi dengan penyakit? Setiap orang tentunya tidak ingin tubuhnya dipenuhi dengan berbagai macam penyakit yang bisa menggerogoti tubuhnya. Sayangnya, hanya sebagian kecil manusia saja yang mampu dan berhasil menjalani aktivitas kehidupan yang sehat sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jika dilihat secara kasat mata, mayoritas manusia di dunia ini akan terlihat sehat dan tidak mengalami permasalahan apa pun. Padahal, jika dilihat melalui hati / qalbu (dengan jalan muhasabah atau pun introspeksi diri sendiri), mayoritas manusia di dunia telah digerogori oleh salah satu penyakit terburuk dan sangat berbahaya yaitu penyakit hati.

Nah, bagi Anda yang merasa telah terserang penyakit hati atau pun ingin terhindar dari serangan penyakit hati, berikut merupakan 5 obat penyakit hati yang telah terbukti dapat memberantas berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan hati:


Membaca Al-Qur’an Beserta Maknanya
Obat hati yang pertama adalah membaca Al-Qur’an secara lengkap beserta dengan maknanya. Seperti yang kita ketahui bersama, Al-Qur’an merupakan panduan sekaligus pengangan hidup umat Islam. Segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan umat Islam diatur dan dipandu secara gamblang di Al-Qur’an. Al-Qur’an juga merupakan obat dari segala obat yang ada di muka bumi ini. Orang yang membaca Al-Qur’an akan memiliki hati yang lunak, sedangkan orang yang jarang atau pun tidak pernah membaca Al-Qur’an akan memiliki hati yang keras dan mudah terserang berbagai macam penyakit hati.

Rajin Berpuasa
Salah satu penyebab timbulnya penyakit hati adalah hawa nafsu dan rasa tidak sabar. Ketika hawa nafsu tidak terkontrol dan manusia berjalan di muka bumi dengan diruti oleh hawa nafsu serta tidak sabar dalam menjalani proses, maka berbagai macam penyakit hati pun muncul. Orang yang tidak sabar dalam menjalani segala proses kehidupan akan rentan terserang berbagai macam penyakit hati seperti hasut, dengki, iri, dan berbagai macam penyakit hati lainnya. Sedangkan ketika manusia berpuasa, baik hawa nafsu mau pun kesabarannya akan terkontrol dengan baik sehingga berbagai macam penyakit hati pun menjadi jauh lebih mudah untuk ditangkal.

Mendirikan Shalat Malam
Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk mengaduh kepada Allah, Tuhan semesta alam. Di malam hari, ketika semua orang terlelap tidur, Allah akan menerima semua pengaduan hambanya yang tidak berdaya. Di waktu tengah malam ini kita dapat mengaduh kepada Allah untuk disembuhkan dan dijauhkan dari segala macam penyakit hati yang bisa menyerang kita.

Banyak Berdzikir
Dzikir merupakan amalan yang bisa membuat hati menjadi terasa lebih tentram. Ketika manusia berdzikir, ia akan lebih banyak dan juga lebih sering mengingat Allah. Ketika ia senantiasa berdzikir, setiap aktivitas yang dilakukannya akan dilandasi dengan ingatannya kepada Rabbnya yaitu Allah SWT, sehingga semua tindak tanduknya pun akan menjadi lebih mudah terkontrol dan terkendali dengan baik.

Berteman dengan Orang – orang yang Beriman
Teman merupakan citra atau pun gambaran dari diri kita sendiri. Orang yang bergaul dengan orang – oranga shaleh merupakan orang – orang yang shaleh atau jika pun tidak, tentulah ia merupakan orang yang sedang berusaha untuk meraih keshalehan. Tidak hanya itu, teman juga akan memberika pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan kita. Maka dari itu, jika kita ingin menanmkan iman di hati dan dada kita, maka perbanyaklah pertemanan dengan orang – orang yang beriman.


Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

500 lebih Foto Abah Guru Sekumpul