Sabtu, 27 Februari 2016

Hafal Al-Quran dan Tafsirnya di usia Muda


Al-Qur'an sebagai kitab suci yang semestinya menjadi bacaan wajib bagi setiap invidu Muslim, sebagai bacaan wajib, sudah seharusnya keluarga kita, putra putri kita senantiasa akrab dengan bacaan Al-Qur'an. Dari sana akan terbentuk generasi yang senantiasa gerak geriknya dan sikap dan akhlaknya selalu bercermin kepada Alquran.kerena tidak berlebihan jika ulama salaf sangat mengutamakan pengenalan mereka kepada Alqur'an sejak dii, sehingga banyak dari mereka yang banyak hafal Alqur'an di usia muda.

Begitu juga terhadap Guru Sekumpul Sejak kecil sudah di didik dirumah tangga bernuansa agama yang kental, maka begitu kuat. Setiap hari beliau selalu mendengarkan bacaan Alqur'an ditengah tengah keluarganya. Dan di usia 5 tahun beliau sudah belajar Alqur'an sampai beliau fasih melafalkannya dan menjelang usia 7 tahun beliau sudah hafal Alquran 30 juz. Menurut penuturan Guru Sekumpul sendiri sewaktu pengajian bahwa beliau menghafal 30 juz itu hanya perlu waktu sekitar 4 bulan. tidak merasa puas dengan hal itu , beliau pun juga berusah menghafal Tafsir Al-Jalalain, dan mampu dihafalkannya pada usia 9 tahun.

kemampuan Guru Sekumpul mengahafalkan Alqur'an  diusia 7 tahun dan hafal semua tafsir Al-jalalain pada usia 9 tahun itu adalah hal istemewa dan luar biasa, bahkan boleh disebut  sebagai bagian dari karomah beliau. 


Artikel Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

500 lebih Foto Abah Guru Sekumpul