Selasa, 23 Agustus 2016

Adab Bertamu Dan Saat Bertemu Kepada Guru Dan Orang Soleh.



Dalam bertamu kpd Guru maupun Orang Soleh ada tuntunan adab yg di ajarkan guru guru.
Adapun Adab adab itu sbg berikut.
1. Jangan banyak bicara dan bicara saat di tanya.

Al alimul Al allamah Abah Haji Guru Zuhdi berkata apabila kita bertamu kpd guru maupun org soleh itu mk hendak nya jgn terlalu banyak bicara atau bore. Bicara saat di tanya oleh guru itu.
Seperti Guru menanyakan kabar mk jawab dgn ringkas.
Kemudian Guru akan bertanya tentang hajat dan keperluan kita maka jawab juga dgn ringkas apa hajat kita. Apabila guru tdk bertanya maka sebaiknya jgn bicara atau diam terlebih baik. Berbicara langsung ke pokok masalah yaitu apa hajat dan keperluan kita.

2. Minta doakan kpd guru.
Selalu apabila bertamu kpd guru dan orang soleh minta doa kan kpd mereka.
Syaikhona Abah Guru berkata...Aku kedatangan tamu murid ku yg mau menunaikan ibadah haji. Sebagai adab nya kpd peguruan mk murid ku ini memberitahukan dia akan pergi haji dan meminta doa kan kpd aku agar pulang dgn selamat dan minta doakan menjadi haji yg mabrur serta di mudahkan selama disana. Dan aku memuji adab murid ku itu yg msh sempat meminta kan doa kpd aku.
Syaikhona Abah Guru selalu berkata selalu lah minta doakan setiap kalian ketemu guru maupun org soleh.

3. Minta angkat anak dunia akhirat.
Saat Al Allamah Allahyarham Guru Bakrie gambut menunaikan ibadah haji maka beliau datang kpd Syaikhona Abah guru utk ijin mau menunaikan ibadah haji dan sekaligus minta doakan.
Al allamah Allahyarham Guru Bakrie bertanya kpd Syaikhona Abah guru siapa dan dimana tempat wali qutub di madinah. Maka Syaikhona mengatakan nama serta tempat nya.
Syaikhona berpesan apabila ikam Bakrie bertemu Wali itu maka jgn lah banyak omong,diam aja minta doakan kpd wali itu dan minta angkat Anak dunia akhirat kpd wali itu cukup itu aja. Dan itu yg di lakukan Al Allamah Allahyarham Guru Bakrie sesuai perintah perguruan. Maka apabila bertamu kpd guru dan org soleh minta menjadi anak angkat beliau dunia akhirat.

4. Minta di jadikan Murid dunia akhirat.
Berkata Syaikhona Habibana Al Habib Munzir Al musawa.. apabila kalian bertamu atau bertemu habaib,guru guru maupun orang soleh maka selalu lah kalian minta angkat jd murid beliau dunia akhirat. Maka apabila engkau diangkat jd murid dunia akhirat mk engkau akan dpt safaat guru itu baik kalian msh hidup,maupun saat kalian di kubur dan di akhirat nanti. Saat bertamu kpd guru dan orang soleh maka yg utama dan penting minta dijadikan murid beliau dunia akhirat.

5. Berhadiah lah kpd Guru dan Orang soleh.
Syaikhona Abah guru sekumpul berkata apabila kalian bertamu kpd guru maupun orang soleh jgn lah hnya dgn membawa 10 jari kosong tp berilah sesuatu kpd guru maupun org soleh itu krn hadiah kalian akan menjadi berkah bagi kalian sendiri. Berilah semampu kalian,para guru dan org soleh tdk pernah mengharap apapun tp kita yg beradab kpd guru dan org soleh yg hrs berhadiah kpd mereka. Bahkan sekiranya guru dan org soleh ini wafat ,dan saat mengunjungi maqom nya tetap hrs berhadiah kpd beliau seperti memasukan uang di celengan sekitar maqom atau memberi org di sekitar maqom. Itu tanda kita tdk pelit. Habib Idris setiap kali bertemu dgn Al alimul Al allamah Abah Haji Guru Zuhdi selalu membawakan rokok. Karena rokok itu akan di bagikan Abah Haji kembali kpd petugas Majta maupun di pakai beliau sendiri.

Adab lebih tinggi dari ilmu. Allah lbh menyukai org yg beradab walau dia jahil di bandingkan orang yg tidak beradab walau dia alim.
Syaikhona Abah Guru sekumpul berkata.. orang yg tidak beradab seperti biawak.


Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar