Selasa, 13 September 2016

Kalam Al alimul Al allamah Abah Haji Guru Zuhdi


1.Amalan yang bagus apabila melihat sesuatu yang tidak baik dengan berdoa dengan doanya Syech Semman
Allahummaghfir li-ummati sayyidina Muhammad. Allahummarham li-ummati sayyidinina Muhammad. Allahummastur li-ummati sayyidina Muhammad. Allahummajbur li-ummati sayyidina Muhammad Saw. (Ihya ullumuddin 3 November 2015)

2.Amalan terbuka hijab jgn menggibah (membuka aib) orang lain. Dan semua kebaikan kebaikan itu milik Allah lalu terbuka hati selalu melihat kebaikan Allah shg habis semua yg di lihat adalah kebaikan Allah dan timbul rasa semua yg ada di dunia ini kebaikan Allah tdk ada kebaikan diri. Dan saat bala musibah datang mk yakin hati ini kebaikan Allah,dimana kebaikan nya yaitu bala ini pasti ada hikmah nya utk diri yaitu kebaikan utk diri.(Ihya ullumuddin 3 november 2015)

3.Orang yg perbuatannya tdk baik lalu menasehati kpd kita agar jgn sprt dirinya maka itu nasehat yg ikhlas agar kita tdk terjerumus sprti orang itu karena dia membuka aib sendiri supaya selamat org lain tdk seperti org itu.(Ihya ullumuddin 3 November 2015)

4.Yakin hati dengan sebab cinta dan sayang kepada Rasulallah di haramkan jasad kita di makan api neraka. Beruntungnya kita krn kita tdk meminta tp Allah yg melahirkn kita sbg umat Rasulallah. Di zaman nabi Adam dan Nabi Nuh mengenal dgn umat Rasulallah dan ingin menjadi umat nya Rasulallah. (Ihya ullumuddin 3 November 2015)

5.Letakan Rasulallah di hati di pikiran jgn pernah terlupakan shg tdk lg diri kita menggaduhi(memperhatikan)org lain lg tp menggaduhi (memperhatikan)Rasulallah dan menggaduhi(memperhatikan) org soleh karena disitulah hati kita bersih. Menggaduhi Rasulallah dan menggaduhi org soleh dgn cara membaca manakib Rasulallah bersholawat kpd Rasulallah dan membaca manakib org soleh sehingga timbulah perasaan cinta ,mata ini menangis dan air mata cinta ini jd saksi di akhirat sbg tanda cinta kita shg krn air mata cinta ini di haramkan jasad kita di jilat api neraka.(Ihya ullumuddin 3 November 2015)

6.Sungguh keberuntungan kita belajar dgn kitab ihya krn kita tdk sezaman dgn imam Gazali tp kita belajar dgn imam Gazali melalui bukti hitam diatas putih adanya imam Gazali yaitu dgn kitab nya Ihya Ullumudin ini.(Ihya ullumuddin 3 November 2015)

7.Ada seorang ulama yg menghina Imam Gazali dan menghinakan karangan Imam Gazali mk ulama itu bermimpi ada satu perkumpulan dimana disitu Abu bakar membaca kitab ihya ullumudin,umar bin khatab membaca kitab ihya ullumudin dan Rasulallah tdk menghiraukan ulama itu.(Ilmunibros 5 November 2015)

8.Hadist hadist yg tercantum dlm kitab karangan imam Gazali selalu di mulai dgn ucapan qola Rasulallah(berkata Rasulallah) ,artinya imam Gazali lngsng mendapatkn hadist itu dr Rasulallah secara khozotan(nyata) itulah istimewanya imam Gazali.
Apabila ingin mengaji ilmu ibadah maka cukup belajar dari kitab imam Gazali yaitu Bidayatul bidayah atau kitab melayunya Hidayatul salikin.(Ilmunibros 5 November 2015)

9.Dalam kitab karangan imam Gazali lengkap semua amal ibadah,dari masalah sehari hari smp masalah jodoh di jelaskn imam Gazali.
Bila mahar murah maka berkah hidup,bila mahar mahal tdk berkah hidup.(Ilmunibros 5 November 2015)

10.Org dulu hny dgn kitab bidayatul bidayah dan ihya ullumudin mereka menjadi waliyullah krn mrk benar benar mengamalkn kitab itu.
Isi karangan imam gazali berisi tuntunan dalam beramal dan bagaimana mengamalkn amalan itu.(Ilmumibros 5 November 2015)

11.Masalah makrifat mk kaji ilmu al hikam ibnu athoillah.Rasa itu tdk bisa di ceritakan. Hanya bisa di kasih jalan utk mendapatkan rasa itu. Orang yg makrifat org yg sdh berkawan dgn Allah.
(Ilmunibros 5 November 2015)

12.Ilmu makrifat itu pun di simpan mereka,dan mereka hny memberitahukan jalan nya utk mendapatkan rasa itu.Tidak akan bisa menceritakan bagaimana rasa akan kawin sebelum kawin dulu baru tahu rasa akan kawin.(Ilmunibros 5 November 2015)

13.Mencari rasa(makrifat) itu pun harus berguru. Seperti org berkhalwat tnp guru lalu datang jin mengaku sbg wali padahal jin,dan di kira sdh makrifat padahal tidak.
Beli buku tentang makrifat lalu di pelajari dan dikira sdh makrifat padahal tidak krn tnp guru.
(Ilmunibros 5 November 2015)

14.Tanpa guru kita tdk ada apa apa,melajari tauhid ada gurunya,melajari fiqih ada gurunya,melajari tasawuf ada gurunya.Dan walau guru itu berupa sholawat yg sll kita ucapkan.
(Ilmunibros 5 November 2015)

15.Kebanyakan org awam apabila melakukan dosa malunya kpd makhluk bkn malu kpd Allah. Sedang org soleh malunya kpd Allah shg Malu itu bagian dari iman. Orang awam malu dan takutnya kpd makhluk shg doanya minta tutupi maksiat nya bkn takut dan malu kpd Allah.
(Al hikam 6 November 2015)

16.Beda org makrifat dgn org awam,org makrifat malunya kpd Allah,org awam malunya kpd makhluk.Tujuan org awam menyembunyikan maksiat agar tdk ketahuan makhluk karena akan hilang lah martabatnya di pandangan makhluk tp tdk malu kpd Allah. (Al hikam 6 November 2015)

17.Jangan berbantah dan bersoal masalah ilmu dgn dalil ilmu yg tujuannya menjelekan martabat seseorang. Suka membantah/menyalahkn perkataan org.(Hidayatul salikin 7 November 2015)

18.Kita jaga adab dgn menghormati org yg lebih tua wlw ucapannya salah maka kita berdiam diri.
Menegur ada tata caranya jgn smp menghinakan dan mempermalukan. Orang yg memuji diri sendiri menimbulkan diri tdk akan sampai kpd Allah,kecuali orang yg menenggelamkan diri baru dpt makrifat.(Hidayatul Salikin 7 November 2015).

19..Sehina hina orang tetap tdk boleh di hinakan.Orang miskin hina menurut makhluk tp belum tentu menurut Allah. Orang maksiat belum tentu hina karena bs jd dpt safaat dr orang soleh dan dari Rasulallah. Rasulallah berkata Safaat yg ku pegang ini akan ku berikan kpd orang yg pendosa besar.
(Hidayatul salikin 7 November 2015)

20.Jangan menimbulkan diri,muliakan orang lain mk Allah bukakan futuh krn akan tampak saydul wujud Rasulallah krn selalu melihat dan memuliakan org lain shg tampak lah Rasulallah yg mulia.
(Hidayatul salikin 7 November 2015)

21.Hafal jurumiah lalu sombong mk tdk akan sampai kpd Allah krn merendahkn org lain,semua alam harus di muliakan krn memandang rahasia alam semesta.
Cukuplah ikan gabus sbg pelajaran agar jgn menimbulkan diri. Ikan gabus jd di pancing atau di setrum krn ikan gabus menimbulkan diri kesungai jadi ketahuan org ada ikan gabus disitu
(Hidayatul salikin 7 November 2015)

22.Semua orang baik sedang diri sendiri tdk baik itulah pandangan diri
(Hidayatul salikin 7 November  2015)

23.Orang yg salah belum tentu hina dan orang berdosa belum tentu masuk neraka jd jgn di hinakan. Jangan takut mati,karena diri kita sudah mati,diri kita tdk dpt bergerak tnp pertolongan Allah yg menggerakan.Mati lah engkau sebelum mati. (Hidayatul salikin 7 November 2015)

24.Sayyid Muhammad alawi al maliki mengatakan org soleh dan orang wali saat menyampaikan makrifat dgn lelucon. Mereka tdk menyampaikan makrifat secara langsung jadi dengari lelucon mereka dan cerna krn itu mengandung ilmu makrifat. Seperti Abu Nawas semua lelucon nya mengandung pelajaran makrifat kpd Allah (Hidayatul Salikin 7 November 2015)

25.Jangan memuji diri dan jgn menghina org wlw org itu secara zahir hina tetap tdk boleh di hinakan krn itu larangan Rasulallah (Hidayatul salikin 7 November 2015)

Sumber : Pecinta Waliyullah


Artikel Terkait

1 komentar:

Arsip Blog