Rabu, 03 Mei 2017

Segelintir Nasab Abah Guru Sekumpul


Diceritakan sewaktu Guru Sekumpul r.a masih Balita, Beliau sering disenandungkan atau ditimang2 dengan kalimat-kalimat TAUHID oleh nenek SALBIYAH rahmatulloh 'alaiha. Dalam Manaqib oleh Guru Ridwan Kapuh diinformasikan bahwa nenek SALBIYAH ini mengetahui bahwa cucu Beliau ini seorang WALIYULLOH.

Siapakah gerangan nenek SALBIYAH ini?
Guru Sekumpul bercerita tentang nenek Beliau ini. Ternyata nenek Beliau ini seorang SYARIFAH, AHLUL BAIT. Kata Guru Sekumpul, nenek Salbiyah dzurriat Pangeran Abdurrahim, Pangeran Abdurrahim ini adalah Dzurriat dari SEPUPU SUNAN GIRI, ujar Guru Sekumpul lagi,"bila Sunan Giri seorang HABIB, maka sepupunya juga HABIB".

Ujar Guru Sekumpul lagi, Pangeran Abdurrahim mempunyai 3 saudara, yaitu seorang wali perempuan penuh karomah dan bujang yakni FATIMAH KANZUL 'ARSY, dari seorang perempuan inilah tempat tinggal Beliau (Fatimah) dinamakan Kampung Keramat Martapura.
Saudara Pangeran Abdurrahim lagi adalah Pambakal Musa,Ahli Buaya Kuning, yg menurunkan orang2 Kelua. Yang lain nya ada di Karang intan yang menurunkan orang2 Karang Intan, dan terakhir seorang lagi (juga tak disebut namanya) di Pengaron, yang banyak dzurriyatnya di Pengaron.

Inilah segelintir nasab Guru Sekumpul, hampir setiap daerah Banjar terpaut nasab dengan Beliau.
Sebagaimana Rosululloh Saw setiap bangsa Arab ada terpaut nasab dengan Beliau.
Wajar saja warga Banjar merasa memiliki Beliau yang amat kuat dan dalam, kerana ada ikatan DARAH DAN BATHINIAH.


Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog