Jumat, 25 Agustus 2017

Bahayanya Penyakit Hati Takabur Dan Sombong




Majelis Ilmu Mesjid Jami sei Jingah Banjarmasin
Kitab Hidayatul Salikin syekh Abdusamad palembani.

Berkata Al allimul Al allamah Abah Haji Guru zuhdi.....

Pasal yang ke 8 dari penyakit hati yaitu Takabur(membesarkan diri).
Orang yang merasa dirinya punya kelebihan dan kebaikan maka akan membesarkan diri kerena merasa punya kelebihan dan kebaikan. Perasaan ini lah yang membuat nakal yaitu sebuah rasa yang disebut Ujub.

Sumber sombong merasa diri kita punya kisah yaitu kisah punya lebih .
Kaya merasa kaya. Alim merasa diri nya Alim. Merasa punya cerita yang di bangga banggakan.
Padahal dari ujung rambut sampai ujung kaki adalah sebuah cerita yg menunjuk kepada cerita Allah,kisah Allah.

Kita bergerak maka gerakan ini menunjuk kpd Allah bukan kepada diri kita,menunjukan kebaikan Allah bukan kepada diri kita.Bacaan fasih tidak ada menunjuk kepada diri kita tapi kepada Allah.
Siapa yang baik adalah Allah bukan kita. Karena klo bukan Allah yang menjadikan tidak mungkin kita bisa membaca dengan fasih. Yang tampak jelas kebaikan Allah bukan kita,semua cerita menunjuk kepada Allah.

Tapi kita tidak mengetahui kerena tidak belajar dan seandainya belajar pun masih belum memahami nya sehingga mengaku ngaku aku yang mulia,aku yang alim.

Sehingga saat ada merasa (merasa mulia,alim), lalu meminta minta yaitu minta muliakan dan pujian.Bukti meminta minta kerena saat di hina tersinggung. Dan meminta pujian kerena dirinya merasa punya kelebihan.

Orang orang Soleh selalu memuji bukan meminta pujian,orang orang Soleh membesarkan Allah bukan meminta besarkan karena mereka mengenal akan Allah.
Orang yang merasa diri nya punya kelebihan akan selalu mencari cari pujian.
Memperlihatkan kelebihan kerena merasa itu cerita akan diri nya sehingga mencari cari pujian.
Saat merasa kaya,merasa alim dan meminta pujian maka menghina orang lain. Maka timbulah sombong.


Orang kaya yang sombong akan membenci orang miskin kerena meanggap kaya itu mulia dan miskin itu hina sehingga tidak mau duduk dan berkumpul dengan orang miskin .
Sombong membuat kita salah terus.
Penyebab sombong seperti kaya (sugih),padahal kaya ini menunjukan kepada kaya nya Allah bukan kepada diri kita.

Orang makrifat semakin kaya semakin dekat dengan Allah kerena orang makrifat merasa melihat akan kisah nya Allah sangat dekat melalui kekeyaan ini.
Kita kira orang kaya itu orang yang banyak harta padahal orang kaya org yang pandai bersyukur. Apabila selalu merasa cukup maka itulah kaya. Dan orang yang selalu merasa kekurangan itu lah miskin.

Rasa cukup itu yang di cari. Saat di kasih Allah rejeki sedikit jangan cemberut kepada Allah kerena pertanda kita tidak terima dengan nikmat Allah.Selalu merasa cukup apa yang di kasih Allah dengan di cukup cukup kan.
Kita terbiasa nyaman sehingga saat kenyamanan itu berkurang kita marah.
Hidup santai aja,selalu bersyukur kepada Allah.

Selalu lah kita mendoakan Rasulallah karena mendoakan orang tua di wajib kan apalagi mendoakan Rasulallah. Bahkan dalam sholat tidak sah sholat kita apabila tidak bersholawat kepada Rasulallah. Sholawat dan doa kita masih belum bisa membalas tingginya pangkat kemuliaan Rasulallah dan masih belum membalas pangkat kita sebagai umat Rasulallah. Apabila di adakan maulid di suatu kampung maka akan aman kampung atau tempat itu.

Kehebatan Rasulallah,saat zaman Nabi Adam sudah tahu Nabi Adam kehebatan Rasulallah saat nama Rasulallah ada di semua pintu surga berdampingan dengan nama Allah.
Niat kita dalam bermaulid adalah hanya ingin memuji tidak ingin di puji. Hanya ingin membesarkan tidsk ingin di besarkan,mehilangkan dalam hati sifat ingin di puji dan di besarkan. Dan niat yang kedua agar mendapatkan keberkahan serta syafaat dari Rasulallah.

Kibir membesar kan diri di cela oleh agama.Tempat orang sombong adalah neraka. Supaya jangan sombong maka jangan merasa punya kelebihan.Bukti kan kita tidak punya kelebihan dengan selalu memandang kelebihan orang. Buktikan kita selalu memandang kelebihan orang dengan kita Puji dan sanjung orang itu terutama Allah,Rasulallah,orang Soleh dan Wali wali Allah.

Siang malam kita harus memuji Rasulallah ,apalagi kita belajar alam ini di jadikan Allah dari Nur Rasulallah dan penampakan alam ini sama penampakan Rasulallah. Rasulallah sudah tampak dan zohir sehinga kita Puji dan sanjung Rasulallah. Silahkan memuji Rasulallah dengan bahasa Indonesia.
Kita selalu memuji Rasulallah agar kita tidak meminta minta pujian lagi.

Tidak beriman seseorang dengan iman yang sempurna kecuali Allah dan Rasulallah lebih di cintai.
Puji dan sanjung lah Allah,puji dan sanjung lah Rasulallah.
Allah adalah Tuhan dan Rasulallah adalah utusan nya.

Orang yang membaca maulid,orang yg memuji Rasulallah tidak akan menuhankan Rasulallah.
Memuji Allah,Rasulallah,orang Soleh dan para wali membersihakan hati.
Silahkan di save dan dishare apabila bermanfaat.
Minta Halal Minta Rela .
Ampun maaf ulun puun.

Sumber : Pencita Waliyullah

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog