Minggu, 09 Oktober 2016

Download Gratis Kitab Kuning Pesantren bagian 1



Alhamdulillah kali ini saya diberi kesempatan untuk membuat link download Gratis Kitab Kuning Pesantren, yang mana Kitab tersebut berbentuk file pdf sehingga dalam membacanya akan mudah dan bisa juga di download lewat hp yang mempunyai aplikasi pdf untuk memabca file tersebut.

semoga ini bisa bermanfaat dan mempermudah dalam mendalami ilmu agama khususnya untuk anak anak pesantren yang lagi dalam pembelajaran di pondok pesantrennya.

silahkan download dibawah ini.

1.Tafsir Surat Yasin

Karya: Syeikh Hamami Zadah

Surat Yasin barangkali menjadi salah satu surat dalam al-Qur’an yang paling sering dibaca, bahkan dihafal oleh mayoritas umat muslim. Karena surat ini lazim diamalkan pada tiap-tiap malam Jum’at atau ketika pada acara tahlilan dan acara-acara lainnya.
Namun, tahukah kita, apa kandungan sebenarnya dari surat Yasin tersebut, sehingga nabi menganjurkan kita untuk sering membacanya? Bahkan dikatakan surat Yasin itu ibarat jantungnya al-Qur’an.
Melalui kitab tafsir surat Yasin karya Syaikh Hamami Zadah inilah kita akan menggali khazanah surat Yasin yang luar biasa. Kitab ini memang sederhana tapi sebenarnya mengandung pelajaran aqidah dan kesufian yang cukup mendalam.
Dan kitab ini kami hadirkan dengan Makna pesantren, sehingga mempermudah bagi santri yang gemar mengkaji kitab-kitab kuning. Silahkan mendownloadnya.

2. Fathul Qorib

karya: Syaikh al-Imam  Muhammad bin Qasim Al Ghozy Asy-Syafi’i.

Kitab ini adalah kitab Fikih yang sangat masyhur, terutama di kalangan pesantren, karena kitab ini menjadi salah satu referensi pembelajaran di pesantren-pesantren. Kitab yang ringkas namun padat ini adalah karya Syaikh al-Imam al-Alim al-Allamah Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Qasim Asy-Syafi’i.
Kitab ini memuat berbagai persoalan fikih terkait banyak hal. Berikut garis besar isinya membahas: Hukum-hukum bersuci, hukum-hukum shalat, hukum-hukum zakat, hukum puasa, hukum haji, hukum jual beli dan berbagai transaksi lainnya.
Hukum-hukum pembagian waris dan wasiat, Perkawinan dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya, hukum-hukum jinayat, berbagai macam hukum Had {hukuman}, Hukum-hukum Jihad, hukum-hukum buruan sembelihan dan makanan, hukum sumpah dan nadzar, hukum peradilan dan persaksian, dan hukum-hukum memerdekaan budak.


3. Fathul Mu’in

Karya:Syeikh Zainuddin bin Abdul Aziz Al-Malibari

Kitab ini banyak dikaji dan dipelajari di berbagai pondok pesantren di nusantara. Kitab ini merupakan salah satu kitab rujukan di bidang fikih.
Pembahasan fikih dalam kitab ini cukup lengkap dan mendetail. Berikut adalah rincian garis besarnya:
shalat, wudhu, sujud sahwi, azan dan iqamah, shalat-shalat sunnah, shalat berjamaah, shalat jumat, shalat jenazah,zakat, puasa, iktikaf, haji dan umrah, bab jual beli, bab wakalah dan qiradh, bab ijarah (sewa-menyewa), ariyah (pinjam-meminjam), bab hibah, wakaf, ikrar (pengakuan), wasiat, dan bab faraidh.bab nikah, bab jihad, bab peradilan, bab dakwaan (tuduhan) dan bayinah (alat bukti), dan bab memerdekakan budak.
Dan di blog ppa ini kami hadirkan kitab asli (arab) dengan makna ala pesantren. Dengan tujuan ikut melestarikan kitab klasik ini, dan Semoga kitab ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

4. Mawaidh ‘Usfuriyah

Karya: Syeikh Muhammad bin Abu Bakar Al-’Ushfury

Secara etimologi al-mawaidh al-’usfuriyah mempunyai arti nasihat-nasihat ringan. Kitab Kuning Pesantren Ushfuriyah yang tidak terlalu tebal ini merupakan karya dari Syech Muhammad bin Abu Bakar Al-’Ushfury, di dalamnya kitab ini berisi 40 hadits Nabi yang patut kita dijadikan pegangan hidup dan tuntunan bagi kita semua sebagai umat Islam. Untuk menguatkan pemahaman terhadap hadits yang disampaikan dalam kitab ini, maka pengarang selalu menyertakan hikayat atau cerita nyata pada setiap haditsnya, penyertaan hikayat tersebut tentunya yang berhubungan dengan hadits tersebut. Ada kalanya hikayat dalam Kitab Kuning Pesantren Ushfuriyah Terjemah Ma'na Petuk itu bersumber dari hadits nabi, ada pula yang bersumber dari atsar (perkataan para sahabat).

5. Bidayatul Hidayah

karya : Abu Hamid Muhammad al-Ghazali

kitab ini banyak disebut-sebut sebagai Mukadimah Ihya Ulumuddin, karya masterpiece beliau yang sangat monumental itu.
Kitab ini membahas proses awal seorang hamba mendapatkan hidayah dari Allah Ta’ala, dimana sang hamba sangat membutuhkan pertolongan dan bimbingan dari-Nya. Juga menjelaskan seputar halangan  maupun rintangan yang tersebar di sekitarnya, yaitu ketika sang hamba berusaha untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta, melalui tata cara dan  adab yang benar.

6. Kifayatul Atqiya

 karya : Sayyid Bakri al-Makki Ibnu Sayyid Muhammad Syatha ad-Dimyathi,

Menurut Sayyid Bakri Al-Makki, Dalam Kitab Kifayatul Atqiya Wa Minhajul Ashfiya: "Ada tiga ilmu yang harus dipelajari dan hukumnya "Fardhu 'Ain", yaitu: 1. Ilmu yang dapat menghantarkan kepada sahnya ibadah, yaitu ilmu syari'at atau ilmu fiqih, 2. Ilmu yang dapat menghantarkan kepada sah atau validnya berkeyakinan, yaitu ilmu tauhid atau ilmu aqidah, 3. Ilmu yang dapat membersihkan atau mensucikan hati, yaitu ilmu tasawuf. Untuk xlebih jelas dan komplitnya silahkan download dan pelajari kitab ini, Semoga menjadikan kita mendapat ilmu yang barokah manfaat Aamiin.

7. Akhlaq lil Banin Juz 1

8. .Akhlaq lil Banin Juz 2

karya : Al Ustadz Umar Achmad Baraja

Akhlaqul lilbanin adalah sebuah kitab akhlaq kecil yang terdiri dari beberapa bab kitab ini di susun oleh Al Ustadz Umar Achmad Baraja , dengan bahasa arab yang mudah diterjemahkan baik secara inayah maupun lafdziyah, selain mudah diterjemahkan kitab ini juga mudah dicerna isinya, karena bahasanya yang sesuai dengan peruntukannya. Sebagaimana namanya, kitab ini diperuntukkan untuk anak laki-laki (lil banin).

9. Sulamut Taufiq

Karya: Syeikh Abdulloh Bin Husain Bin Thohir Bin Muhammad Bin Hisyam Ba’alawy

Kitab  Sulamuttaufiq  Yang Di Karang Oleh Syeikh Abdulloh Bin Husain Bin Thohir Bin Muhammad Bin Hisyam Ba’alawy Adalah Sebuah Kitab Yang Sangat Penting, Yang Isinya Menyangkut Beberapa Kewajiban Bagi Semua Muslim, Mulai Dari Bab Pertama Menerangkan : Kewajiban Bagi Orang Mukallaf. Lalu Bab Kedua : Perihal Tentang Janzah, Bab Ketiga : Tentang Jual-Beli, Bab Ke Empat: Tentang  Nafkah, Iman & Ihlas,  Murtad. Dan Bab Ke Lima Menerangkan Tentang Taubat.

10. Sulamun-Najat

Karya: Syeikh Nawawi bin Umar al-Bantany

Kitab Sulam al munajat adalah syarah atas kitab (matan) Safinah al-Shalah karya As-Sayyid 'Abdullah bin 'Umar al-Hadrami. Kitab Safinah al-Shalah berisi tuntunan praktis tentang shalat, dari sejak cara-cara bersuci sampai dengan pelaksanaan shalat, menurut mazhab Imam al-Syafi'i. Mengenai sistematika isinya, kitab matan ini terdiri atas tiga bagian yaitu, pendahuluan, isi, dan penutup. Pendahuluan berisi hamdalah dan shalawat; isi, meliputi dua bagian yaitu, akidah (makna kalimat Syahadatain), dan tuntunan shalat; sedang penutup berisi shalawat. Melihat porsi isi kitab tersebut, tepatlah dikatakan, kitab itu kitab fiqh. Karena singkatnya uraian, maka dalam buku itu tidak menunjukkan dalil-dalil, masalah-masalah, dan alternatif-alternatif yang mungkin ada di luar tuntunan shalat itu sekalipun masih dalam lingkungan mazhab Imam al-Syafi'i.

Semoga Bermanfaat..

Silahkan buka lagi link download gratis kitab kuning pesantren bagian 2

Artikel Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

500 lebih Foto Abah Guru Sekumpul

Arsip Blog