Sabtu, 08 Oktober 2016

Inti Sari Pengajian Abah Haji Guru Zuhdi Kitab Al Hikam ibnu Atthoillah malam Sabtu 7 Oktober 2016



Berkata Al_ Alimul Al_Allamah Abah Haji Guru Zuhdi.....
Barang siapa di perlihat kan Allah akan kekurangan hamba Allah dan tidak mengamalkan akhlak kasih dan sayang nya Allah maka orang yang di lihatkan aib kekurangan org akan menutupi aib org yg berdosa dan menahan emosi dan mendoakan yg baik.
Kita tdk bisa dlm bergaul lepas dr melihat aib org lain. Dan kita sll mendoakan org yg ada aib itu memintakan ampun dan apabila org itu berbuat jahat kpd kita mk kita memaafkan nya. Maka ini lah akhlak Allah.
Apabila kita merasa kekurangan saat melihat aib org lain mk kita tdk merasa aneh dan kita menutupi aib org lain itu dgn sll mendoakan org itu.
Seperti Sech Seman Al madani setiap hbs sholat subuh selalu mendoakan umat Rasulallah memintakan ampun.
Maka apabila meamalkan hal itu artinya hati kita menjadi hati yg baik krn itu akhlak ada rahman yaitu akhlak berkasih sayang walau pun org yg kita doakan tdk berubah akan tetapi tetap kita sll mendoakan.
Begitulah Allah Rasulallah saat di dustakan akan ucapan Rasulallah mk Rasullah tdk lah membalas tp menemui Allah dgn mendoakan Ya Allah apabila mereka tdk beriman mudahan anak dan cucu nya yg beriman. Akhlak orang soleh mendoakan org yg punya aib agar org itu di ampuni Allah. Siapa yg mengasihi org mk akan di kasihi Allah dan siapa yg tdk mengasihi mk tdk di kasihi Allah.
Saat melihat aib orang lalu merasa punya keyakinan diri punya kelebihan.
Karena aplikasi riya,sum ah dan ujub nya aktif saat melihat aib org lain msh blm hilang sifat nya itu.
Kalo org berdosa kita hina dan kita ejek tdk lah ada untung nya akan tetapi mendoakan lbh baik. Dan saat kita mendoakan,akhlak kita tetap lbh hina drpd org yg kita doakan.
Dan membaca astagfirullah lil mukminin na wal mukminat 27x hbs sholat subuh akan di golongkan kedalam golongan kekasih Allah.
Hidup ini jgn merasa punya kelebihan. Di awak kita tdk punya kisah yg menunjukan ada kisah di diri. Sehingga apabila ada yg menghina mk tdk lah tersinggung krn diri sdh merasa punya kekurangan. Sedang kan penyebab org tersinggung saat di hina krn terbiasa meambung(memuji) diri sendiri. Orang seperti ini biasanya org yg katuju(suka) tampil. Hati nya blm melihat kalo ini adalah kebaikan Allah. Orang ini sk meambung diri lalu ada mehantak mk tersinggung.
Manakala kita fokus memandang aib diri maka inilah akhlak yg mulia.
Dan saat melihat aib org lain maka mendoakan.
Bermula memandang kelebihan diri adalah dosa paling besar.
Orang yg tdk berakhlak dgn akhlak kasih sayang jd sebab datang nya azab kpd diri. Karena sebab sombong dan merasa hebat dr Allah. Orang sombong akan di azab oleh Allah.
Karena sombong adalah sifat nya Allah dan org yg sombong sama mencuri sifat nya Allah.
Nabi ibrahim mendoakan umat nya yg berdosa dgn doa kebinasaan mk mati lah org org berdosa yg di doakan Nabi Ibrahim. Maka berfirman Allah wahai Ibrahim kenapa engkau mendoakan hamba Ku yg berdosa dgn kebinasaan. Dan engkau tahu doa engkau itu kabul. Dia hambaKu wahai ibrahim,walau dia berdosa bisa jd hambaKu itu akan bertaubat. Dan dari sulbi hambaKu itu akan keluar juriat yg akan sll bertasbih kpd Ku. Dan sekiranya hambaKu mati maka Aku lah juga yg akan menyiksa atau mengampuni nya. Jangan lah engaku memdoakan hambaKu dgn doa kebinasaan.
Sehingga Nabi Ibrahim tdk prnh mendoakan hamba Allah dgn doa kebinasaan lagi.
Ada wali yg di bukakan hijab melihat aib org dan itu kelebihan yg di berikan saat menuju Allah dan itu harus di syukuri dgn jgn membuka aib org lain dan sll memaafkan org yg jahat kpd diri.
Orang yg baik dan kita jahati maka itu seburuk buruk akhlak.
Yang punya orang tua hormati org tua. Apabila sdh meninggal mk sll lah kita hadiahi Fatihah 4. Banyak anak yg tdk melihat kebaikan org tua shg tdk tahu tahu lg saat org tua di dlm kubur pdhl wkt masih hidup org tua sll mengganang anak nya. Maka ganang org tua dlm kubur dgn sll membaca fatihah 4 ,membaca yasin.
Ayat al quran sederhana tp pengamalan nya yg sulit. Yaitu selalu mendoakan yg baik kpd org yg menjahati kita. Selalu mendoakan yg baik saat melihat aib org lain.
Orang orang soleh itu lah kelebihan mereka yaitu sll menutupi aib org lain sll mendoakan org lain agar mendapat keampunan dr Allah ini lah akhlak nya Allah, inilah kasih sayang Allah. Maka berkat org soleh ini lah rejeki jd lancar. Hujan pun akan turun dan Allah tdk mengazab tenpat itu krn ada nya org soleh yg berakhlak sprt itu.

sumber : Pecinta Waliyullah

Artikel Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar

500 lebih Foto Abah Guru Sekumpul

Arsip Blog