Minggu, 12 November 2017

Doa Qunut

Assalamualaikum W.R.B

kali ini saya akan membahas  tentang Doa Qunut, kata  Qunut sendiri itu berasal dari kata Qanata yang artinya Patuh dalam mengabdi ( kepada Allah ).
Doa Qunut dalam islam terbagi menjadi 2 yaitu Doa Qunut Subuh dan Doa Qunut Nazillah 

1. Doa Qunut Subuh

dibaca pada waktu solat subuh setelah ruku rakaat kedua pada waktu i'tidal hukum membaca Doa Qunut ini adalah Sunnah ab'adh yaitu sunnah di perkuat.
dan dibawah ini adalah bacaan doa qunut subuh


"Bismillaahirrahmaanirrahiim"
Allaahumahdinii fiiman hadait, Wa aafinii fiiman aafait, Watawallani fiimangtawallait, Wabaariklii fiimaa a toit, Waqini birahmatika syaramaa qadhait, Fainnakataqdhi walayuqdha alaik, Wainnahu layadzillu mawwalait, Walaya idzuman aadait, Tabarak tarabannaa wata aalait, Falakal hamdu alamaa qadhait, Astag firuka wa atuubu ilaik, Washallalloohu ala sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ala aalihi washahbihi wabaarik wasallim.

ARTINYA :

Ya allah semoga enggkau memberikan petunjuk kepadaku dengan orang yang telah engkau berikan petunjuk, Dan semoga engkau memberikan keselamatan kepadaku dengan orang yang telah engkau berikan keselamatan, Dan semoga engkau memberikan pertolongan kepadaku dengan orang yang telah engkau berikan pertolongan, Dan semoga engkau memberikan berkah kepadaku dari hay yang telah engkau tetapkan, Dan semoga engkau memeriksa kami dari rahmatmu dari keburukan yang telah engkau tetapkan, Dan sesungguhnya engkaulah yang maha menghukumi dan tidak ada yang bisa menghukummu, Dan sesungguhnya engkau tidak bisa hina, orang yang engkau sayang, Dengan tidak memulyakan orang yang di satru olehmu, Dan maha tinggi Allah maka tetap segala puji bagimu, Oleh hal yang sudah engkau hukum, Aku memohon pengampunan dan taubat kepadamu Dan semoga engkau menambahkan rahmatnya kepada muhammad yang menjadi nabi, Dan semua umat kanjeng nabi muhammad Dan para sahabatnya, Semoga allah menambahkan keberkahan dan keselamatan.


2. Doa Qunut Nazilah

Doa qunut nazilah adalah doa yang dibaca pada waktu umat islam terkena bencana atau musibah juga fitnah, doa qunut ini dibaca pada setiap waktu sholat wajib setelah ruku rakaat terakhir pada waktu i'tidal sebelum sujud. dan di bawah ini adalah bacaan doa qunut nazilah



"Bismillaahirrahmaanirrahiim"

"ALLAHUMMANSHURNAA FA INNAKA KHAIRUN NAASHIRIINA, WAFTAHLANAAFA INNAKA KHAIRUL FAATIHIINA,WAGHFIRLANAA FA INNAKA KHAIRUL GHAAFIRIINA, WARHAMNAAFA INNAKA KHAIRURRAAHMIINA, WARZUQNAA FA INNAKA KHAIRURRAAZIQIINA, WAHDINAA WA NAJJINAA MINAL QAUMIZH ZHAALIMIINA."

Artinya :

"Wahai Allah! Berilah kami pertolongan, karena sesungguhnya engkau sebaik-baik penolong! Bukakanlah kami, karenasesungguhnya engkau sebaik-baik pembuka! ampunilah kami, karena sesungguhnya engkau sebaik-baik pengampun! kasihanilah kami, karena sesungguhnya engkau sebaik-baiknya pengasih! berilah kami rezeki, karena sesungguhnya engkau sebaik-baik pemberi rezeki! tunjukanlah kami, dan selamatkanlah kami dari kaum yang zhalim."

nah itulah sekilas tentang doa qunut semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua.. Amiinnnn

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog