Selasa, 10 Oktober 2017

Pentingnya Bersedekah



Sahabat  Muslim yang dirahmati Allah SWT.

Sedekah merupakan suatu amal soleh yang sangat diperintahkan dan dianjurkan dalam agama Islam.  Sedekah dapat mengatasi berbagai masalah, seperti kemiskinan, keserakahan, kerakusan, dan sedekah juga bisa membuat tali silaturahmi antar sesama menjadi lebih erat.

          Selain itu, sedekah ternyata dapat membuat doa kita bisa terkabul dan bisa membebaskan kita dari berbagai kesulitan hidup yang kita hadapi, seperti sebuah hadis yang meriwayatkan :

“Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya, hendaklah ia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain”. (H.R Ahmad)

Nah, cara mengatasi kesulitan orang lain itu salah satunya dengan kita melakukan sedekah kepada orang lain. Sedekah itu bukan hanya berupa materi aja lho, tetapi setiap perbuatan baik itu juga dinamakan sedekah, bahkan kita tersenyum itu pun juga sudah merupakan sedekah, seperti sebuah hadis :

“Senyummu terhadap wajah saudaramu adalah sedekah.” (HR. Tirmidzi 1956, ia berkata: “Hasan ‎gharib” Dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih At Targhib)1

          Dalam buku yang berjudul “Sedekah Membabi Buta” karya dari Edi Sutisna menyebutkan bahwa ada beberapa alasaan juga mengapa Rosulullah SAW menganjurkan kita untuk bersedekah :


Ø Jika kita bersedekah, menginfakkan harta kita kepada orang yang berhak menerima, maka Allah pun akan memberi nafkah/harta kepada kita.
\
Allah SWT berfirman (didalam hadis Qudsi)
“Hai anak Adam, berinfaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku akan memberikan nafkah untukmu” (HR. Muslim)

Ø Sedekah merupakan amal yang akan tetap terus mengalir pahalanya walaupun kita sudah meninggal.

“Apabila anak Adam wafat, putuslah amalnya kecuali tiga hal, yaitu Sodakoh jariyah, ilmu yang bermanfaat bagi orang lain, dan anak soleh yang mau mendoakannya” (HR. Muslim).

Ø Sedekahlah walaupun hanya dengan sebutir kurma, karena itu akan menjauhkan kita dari api neraka.

“Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan sedekah sebutir kurma”. (HR.Mutafaq’alaih)

Ø Sedekah dapat mempermudah datangnya rizki.

“Turunkanlah (datangkanlah) rizkimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR.Albaihaqi)/ menjemput rizqi.

Ø Sedekah dapat membuat kita mendapat naungan dari Allah SWT kelak pada hari kiamat.

“Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya” (HR. Ahmad)

Ø Sedekah adalah kewajiban bagi setiap Muslim.

Para sahabat bertanya kepada Rosululloh SAW tentang kewajiban sedekah jika kita tidak mempunyai harta, para sahabat bertanya : “Bagaimana kalau dia tidak memiliki sesuatu?” Nabi SAW menjawab, “bekerja dengan keterampilan tangannya untuk kemanfaatan bagi dirinya lalu bersedekah”. Kemudian para sahabat bertanya lagi, “Bagaimana kalau dia tidak mampu?”, Nabi SAW menjawab, “Menolong orang yang membutuhkan yang sedang teraniaya”, Mereka bertanya lagi, “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?”, Nabi menjawab, “Menyuruh berbuat yang ma’ruf”, Mereka bertanya lagi, “Bagaimana jika dia tidak melakukannya”, Nabi menjawab “Mencegah diri dari berbuat kejahatan itulah sedekah” (HR. Bukhari dan Muslim)

          Sahabat Muslim, sebegitu pentingnya sedekah bagi kita, sehingga Allah dan Rosul pun memerintahkannya untuk kita lakukan, karena dibalik sedekah ternyata menyimpan banyak manfaat yang akan kita dapatkan.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog