Sabtu, 07 Oktober 2017

Cerita Guru Kholil Akhlak Abah Guru Sekumpul



"Akhlak Abah Guru Sekumpul".

Diceritakan oleh Tuan Guru Kholilurrahman bin Syeikh Salim Ma'ruf pemimpin Pondok Pesantren Darussalam, ketika pengajian beliau pada malam Rabu di masjid Al-Karomah Martapura bercerita bahwa suatu hari beliau bertemu dengan Abah Guru Sekumpul. Beliau berjabat tangan dengan Abah Guru Sekumpul. Namun tak disangka, Abah Guru Sekumpul mencium tangan beliau. Terkejutlah Beliau, dan berkata, "Aku malu sekali" karena tangan beliau dicium oleh Abah Guru Sekumpul. Kemudian beliau bertanya kepada Abah Guru Sekumpul, "Kenapa jadi pian(anda) mencium tangan ulun(saya) ?".


Dijawab Abah Guru Sekumpul, "Ayahmu kan Guru saya".

Iya betul, Syeikh Salim Ma'ruf adalah salah satu guru dari Abah Guru Sekumpul. Begitulah penghormatan Abah Guru Sekumpul terhadap guru beliau, sampai anak-anak mereka pun beliau junjung tinggi walaupun beliau sudah menjadi tokoh besar.

Subhanallah, inilah akhlak Rasulallah. Semoga kita bisa meneladani perbuatan beliau, suka menghormati dan memuliakan guru-guru kita. Karena guru adalah orang tua kita, beliau yang mengajarkan bagaimana mencintai Allah dan Rasulallah, ilmu yang disampaikan adalah makanan rohani kita, agar hati ini tetap hidup dan tidak mati. Dan mudah-mudahan kita diberi kemudahan dalam menuntut ilmu, mati beriman sempurna dan terkumpul dalam surga firdaus bighairi hisaab karena berkat cinta Allah, Rasulallah dan Waliyullah. Amiin Ya Robbal 'Alamiin.

Al-fatihah buat Abah Guru Sekumpul. Lahul Fatihah....

Sumber : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1567914529928389&set=a.130391657014024.34420.100001295715922&type=3&theater

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog